PENANGANAN MASALAH HELP & DOKUMENTASI
Hampir tidak ada
sistem yang berjalan sempurna sebelum melewati berbagai rentetan kesalahan
(error). Semakin besar sistem yang dibuat, semakin banyak kesalahan yang dapat
timbul. Tujuan software user interface yaitu :
- Meminimalkan kesalahan user.
- Interaksi melalui menu lebih dapat menghindarkan user dari kesalahan dari pada menggunakan perintah baris.
- Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah “Press Any Key” menjadi “Press Enter Key” dikarenakan banyak telpon yang menanyakan letak tombol “Any” di keyboard.
- Cara mengurangi kesalahan user, misal: seleksi user yang tepat, pelatihan yang memadai, desain peralatan, prosedur dan lingkungan.
- Menyediakan kemudahan recovery dari kesalahanHelp Dan DokumentasiRancangan sistem yang baik adalah rancangan di mana pengguna dapat langsung menggunakan sistem dengan mudah tanpa pelatihan dan program bantuan sama sekali. Tetapi sangat lebih membantu pengguna bila program bantuan (help) tetap disediakan ke dalam sistem. Sistem dukungan pengguna dapat berupa sistem bantuan (Help) dan dokumentasi. Perbedaan sistem bantuan (help) dan dokumentasi adalah bahwa sistem bantuan berorientasi terhadap masalah khusus, sedangkan dokumentasi berorientasi kepada sistem dan sifatnya umum. Sifat-sifat help dan dokumentasi yaitu :1. Availability. User dapat menggunakan bantuan pada setiap waktu selama berinteraksi dengan sistem. User tidak perlu keluar dari aplikasi selama bekerja untuk membuka aplikasi bantuan.2. Accuracy dan completeness. Bantuan ini seharusnya tersedia secara lengkap dan akurat.3. Consistency. Konsisten pada sistem yang ada, antara jenis online dan jenis tercetak, juga konsisten dari sisi content, terminologi dan bentuk presentasi.4. Robustness. Biasanya digunakan oleh orang yang sedang dalam kesulitan karena sistem mempunyai perilaku yang tidak diharapkan atau mempunyai kesalahan.5. Flexibility. Flexibility membantu setiap user berinteraksi sesuai dengan keinginannya.6. Unobtrusiveness. Seharusnya tidak mencegah user dalam melanjutkan pekerjaannya atau terpengaruh dengan aplikasi user. Untuk menghindari ini digunakan presentasi pada layar yang terpisah.Jenis Help Dan DokumentasiJenis help dan dokumentasi dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :1. Paper-based (tercetak)Keunggulan menggunakan paper-based yaitu:
- Pengguna dapat menggunakannya di luar masa pengerjaan tugas
- Pengguna dapat menuliskan catatan tertentu yang diperoleh saat menjalankan sistem.
Kekurangannya yaitu :
- Agak sulit mendeskripsikan sesuatu yang bergerak
- Sulit menyesuaikan antara sesuatu yang dibaca dengan kenyataan sebenarnya di dalam sistem
- Pengguna akan kesulitan membaca saat menjalankan sistem, karena kurang praktis
2. Computer-based
Jenis computer-based yaitu :
- Command assistance. Ditemui pada sistem DOS dan UNIX. Pengguna dapat menggunakan bantuan dengan mengetikkan parameter tertentu.
- Command prompts. Jenis bantuan yang biasanya tampil bila pengguna melakukan kesalahan sederhana misalnya kesalahan sintaks
- Context sensitive help. Jenis ini berbentuk menu based system yang menyediakan bantuan pada menu option.
- Online tutorial. Mengijinkan user bekerja melalui aplikasi dasar dengan lingkungan percobaan. User dapat melihat kemajuan sesuai dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian dari tutorial yang dia inginkan. Kebanyakan tutorial online tidak mempunyai bagian intelligent, karena tidak mempunyai pengetahuan tentang user dan pengalaman user sebelumnya.
- Online documentation. Jenis ini tersedia secara online di internet/ intranet, khususnya untuk aplikasi yang diproduksi secara massal.
- Intelligent Help System. Dioperasikan untuk memonitoring aktifitas user dan mengkonstruksikan model sesuai dengan user. Model ini termasuk pengalaman, preferences, kesalahan user atau kombinasi dari semuanya.
A.
Jenis
–jenis kesalahan
Jenis
-jenis Kesalahan
-
Kesalahan
Persepsi
- Gagal menangkap informasi
- Gagal menangkap perhatian pengguna
- Contoh : 8/B, Z/2, I/1
-
Kesalahan
Kognitif
- Ketiadaan bantuan
- Inkonsistensi
- Ketiadaan status informasi
- Kemampuan yang kurang
- Contoh : argumen yang tidak konsisten pada pada sintak command language
-
Kesalahan
Motor (Gerak)
- Lemahnya koordinasi tangan dan mata
- Tekanan kecepatan
- Memerlukan kemampuan yang tinggi pada koordinasi tangan dan mata
- Memerlukan jenis keahlian lainnya
- Contoh : Click mouse : single atau double, mengetik dengan cepat membuat banyak kesalahan.
Jenis -jenis Slip
-
Kesalahan
Capture
-
Kesalahan
Deskripsi
-
Kesalahan
Data Driven
-
Pengaktifan
Asosiatif
-
Hilangnya
Pengaktifan
-
Kesalahan
Mode
B.
Petunjuk
pencegahan kesalahan
Petunjuk
Pencegahan Kesalahan
-Menghapus
mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
-Gunakan
teknik koding yang baik (warna, gaya).
- Memaksimalkan
pengenalan, mengurangi hafalan.
-Merancang
urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
- Mengurangi
kebutuhan untuk mengetik.
- Uji
dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
- Memungkinkan
pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan
file dari recycle bin.
C.
Petunjuk
memperbaiki kesalahan
Petunjuk
Memperbaiki Kesalahan
- Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
-Query:
bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang
salah.
- Menyediakan
fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
- Meminta
konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
- Menyediakan
pengecekan yang beralasan pada masukan data.
- Mengembalikan
kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
- Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
- Menyediakan
akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.
D.
JENIS DOKUMEN DAN ALAT BANTU
§ Tidak
pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
§ Sistem
sederhana -> user memanggil dan menggunakannya, berikan nama.
§ Hampir
sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.
Jenis-jenis
Bantuan
-Tutorial
Khusus untuk user baru yang menyediakan
perintah secara step by step.
-Review/Referensi
yang cepat
Digunakan sebagai pengingat untuk user dari
suatu yang detail yang secara dasar sangat familiar dan biasa digunakan.
-Manual
Referensi (Penjelasan lengkap)
Suatu alat bantu atau perintah yang
dapat membantu memahami secara lengkap.
-Bantuan
untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)
Digunakan untuk
membantu user menghadapi masalah atau tidak pasti mengambil tindakan dalam
memecahkan masalah yang khusus.
Ada sebagian pendapat menyatakan
bahwa sistem yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan bantuan atau
training. Hal ini mungkin ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan.
Pendekatan yang lebih membantu
adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan
bantuan pada suatu waktu dan
merancang bantuan (help) ke dalam sistem.
0 comments:
Post a Comment